Rabu, 27 Februari 2013

Bahasa Indonesia


B.Indonesia

Apa Arti Bahasa Indonesia di dalam Kehidupan Anda?

Sekarang ini saya sedang ingin tahu apa arti Bahasa Indonesia di dalam kehidupan Anda? Saya sebagai seorang penduduk asli di daerah sekitar Banyumas, jadi merasa penasaran karena memang pada umumnya warga sekitar Banyumas itu mempunyai logat bahasa yang sangat khas. Jadi meskipun sudah menggunakan Bahasa Indonesia, tapi karena sudah terbiasa dengan bahasa ibu kami di sini, yang biasa disebut ngapak, jadi ingin tahu apa arti Bahasa Indonesia di dalam kehidupan Anda?

Jika secara umum, arti Bahasa Indonesia tentu sangatlah luas dalam pendefinisiannya, daripada jadi ribet karena definisi arti Bahasa Indonesia itu sendiri, jadi lebih baik saya ingin bertanya kepada Anda yang sedang membaca tulisan ini. Seperti yang sudah saya jelaskan di paragraf pertama, karena faktor ngapak itu yang mana terkadang membuat tawa, saya jadi merasa penasaran dengan arti Bahasa Indonesia bagi sebagian orang.
Kebanyakan dari kita tentu sudah belajar mengenai arti Bahasa Indonesia sejak kita duduk di bangku Sekolah Dasar, maka sudah seharusnya sekarang kita sudah bisa menggunakan Bahasa Indonesia secara lancar. Meskipun kita sudah mengetahui arti Bahasa Indonesia, serta telah lancar dalam penerapannya, tapi rasa-rasanya masih saja seperti masih belum begitu baik, ya kan?
Jika dari dalam kehidupan saya sendiri, arti Bahasa Indonesia bagi saya merupakan seperti suatu media yang bisa membuat kita jadi lebih berkembang. Karena memang jika di dalam kehidupan di negara Indonesia ini kita tidak pernah menguasai Bahasa Indonesia, rasanya sulit untuk bisa berkembang, paling jauh kita hanya bisa sampai di lingkungan masyarakat sekitar.
Seperti misalnya saya sendiri yang mana hidup di lingkungan daerah Banyumas, jika saya tidak bisa menguasai Bahasa Indonesia maka saya akan kesulitan untuk bisa lebih berkembang dalam mengenal seluruh bagian dari kehidupan ini, karena memang bahasa yang memang saya kuasai hanya sebatas sampai Bahasa Banyumas saja, bukankah itu tidak cukup membantu kita dalam proses perkembangan kehidupan?
Kita semua tahu, bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang paling cepat dalam perkembangannya, saya tidak tahu persis apa penyebab utama kenapa Bahasa Indonesia bisa sangat cepat dalam perkembangannya. Kalau kita melihatnya dari sisi letak geografis negara Indonesia itu sendiri, mungkin memang masih masuk akal, karena memang Indonesia terletak di dalam persimpangan antara 2 benua dan 2 samudera, yang mana merupakan sebagai jalur transportasi.
Agar arti Bahasa Indonesia yang sesungguhnya tetap melekat di dalam alam bawah sadar warga Indonesia sampai di masa depan nanti, paling tidak kita harus memiliki kesadaran terhadap pentingnya arti Bahasa Indonesia di dalam kehidupan kita di negara Indonesia ini, jangan sampai kita yang hidup di negara yang memiliki beraneka ragam bahasa ini bisa miskomunikasi hanya karena kita tidak menerapkan arti Bahasa Indonesia yang sesungguhnya.
Seperti dari pengalaman saya dulu yang mana pernah mencampurkan bahasa ibu daerah Banyumas dengan Bahasa Indonesia, akibatnya tawa pun tercipta dari para pendengarnya. Kalau Anda ingin tahu seperti apa logat ngapak daerah Banyumas, Anda bisa mencarinya di Youtube, banyak sekali rekaman suara-suara ngapak di sana yang mana bisa membuat tawa bagi pendengarnya :p
Nah, sekarang saya jadi ingin tahu apa arti Bahasa Indonesia bagi kehidupan Anda? Jangan sampai Bahasa Indonesia yang kita gunakan selama ini mengakibatkan miskomunikasi seperti pengalaman saya dulu ya? Dari arti Bahasa Indonesia itu, maka kita akan menyadari seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan kita selama ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar